Kamis, 23 Maret 2017

DI DALAM MENGHADAPI MASA YANG SULIT MENURUT PERJANJIAN BARU BAG. II

"Kemudian iblis  membawanya le kota suci dan menempatkan DIA di bumbungan  bait ALLAH, lalu berkatalah kepadaNYA: Jika ENGKAU ANAK ALLAH jatuhkanlah diriMU sebab ada tertulis mengenai ENGKAU, IA akan memerintahkan malaikat-malaekatNYA supaya kakiMU tidak terantuk kepada batu.
YESUS berkata kepadanya: Ada pula tertulis"Jangan engkau mencobai TUHAN ALLAHmu"

Pencobaan yang selanjutnya adalah bicara kekuasaan, dia mencobai YESUS tentang eksistensiNYA asebagai ALLAH, dengan menyuruhNYA untuk menjatuhkan diri dari dari bumbungan bait ALLAH.Sebagai ALLAH jelas DIA tidak mau diperintah oleh sipapapun apa lagi oleh iblis, jika mau diperintah oleh iblis maka eksistensiNYA YESUS sebagai ALLAH dipertaruhkan dan DIA bukan yang maha kuasa. Sebagai ALLAH YESUS tau caranya mengalahkan iblis dan keluar dari pencobaan iblis sehingga IA berkata kepadanya: "Janganlah engkau mencobai TUHAN ALLAHmu." Kalau dirasakan kalimat ini sederhana tetapi sangat keras dan membuat iblis kalah. Dalam hal ini Iblis sudah mengalami kekalahan untuk yang kedua kalinya, tetapi dasar pribadi yang tidak memiliki urat malu sehingga hal ini tidak menjadikan dia menyadari.

Dalam tulisan Lukas  pencobaan dipadang gurun iblis membawa YESUS ke tempat yang tinggi dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepadaNYA semua kerajaan dunia:
Katainlis kepadaNYA: Segala kuasa itu dan segala kemuliaanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikanya kepada diapa saja yang ku kehendaki." Dasar iblis sang pendusta dan ahli tipu muslihat, yang akan diserahkan kepada YESUS itu kuasa dan kemuliaan siapa?Karena iblis bukan pemilik yang sesungguhnya karena dia bukan yang menciptakan dan kreator dari semuanya itu hanya ngelaim yang bukan miliknya. Hal diatas sulit diterima akal sehat karena iblis memeperlihatkan kemuliaan dunia ini kepada yang berhak yaitu YESIS. DIA tidak pernak menyerahkan hasil karyanya kepada siapapun, iblis disini hanya mengaku-ngaku seolah-olah memiliknya. Sekarang bagaimana DIA menghadapi; "Jadi jika ENGKAU menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milikmu." Tetapi YESUS berkata kepadanya:, ada tertulis:"engkau harus menyembah TUHAN ALLAHmu dan hanya kepada DIAlah engkau berbakti. Yang membedakan tulisan Matius dengan Lukas, Injil Lukas tidak memakai kata enyahlah engkau iblis. Mengapa dia menulis tentang hal diatas ditaeuh no dua: Karena disini ada benang merahnya dengan siapa yang akan membaca tulisan ini, yaitu orang-orang intelektual bukan Yahudi, mereka belum tahu  siapa YESUS sebenarnya,latar belakangNYA, siapa keluarganNYA, maksud dan tujuanya menjelma menjadi manusia sehingga pencobaan yang pertama dan kedua dimulai dari yang umum dahulu, baru yang ke tiga baru menyangkut tentang Yerusalem.

Yang mendapatkan pencobaan sejatinya bukan hanya YESUS saja tetapi para murid dan para pengikutNYA, tidak luput dari pencobaan, sekarang bagaimana supaya kita tidak terkena jebakanya iblis, harus selalu dekat dengan TUHAN, membaca Firman TUHAN. Kata Rasul Paulus: "Jangan padamkan ROH, ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik, Jauhkanlah dirimu dari segala kejahatan." Dengan menjaga supaya tidak terkontaminasi dengan hal-hal diatas maka jangan sampai memadamkan ROH karena tanpa DIA tinggal tetap dalam diri kita maka sangat sulit untuk tidak jatuh dalam dosa dan kuat dalam menghadapi pencobaan iblis. ROH yang akan mengingatkan, memberi tau mana yang datangnya dari DIA dan mana yang datangnya dari Iblis, untuk mengetauinya maka segala sesuatu harus diuji, "Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik." Segala sesuatu yang masuk dan keluar dalam kehidupan kita harus diuji karena hanya dengan ujian kita bisa meligat mana yang bauk dan jahat, hanya ROH KUDUS yang sanggup untuk menguji dan menyeleksinya. Oleh karena itu para murid dan pengikut KRISTUS harus waspada dan berjaga jaga karena hari TUHAN datang seperti pencuri pada malam hari saat manusia sedang tertidur lelap, makanya berjaga-jaga itu sangat penting.
Tugas kita saling membangunkan, jika hal ini kita lakukan dengan tidak terputus-putus maka kondisi kita akan terhindar dari pencobaan. Jadilah seperti YESUS yang selalu waspada dan berjaga-jaga setiap saat maka kita akan aman dalam lindungan-NYA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar