Sabtu, 27 Mei 2017

DI DALAM MENGHADAPI MASASA YANG SULIT MENURUT PERJANJIAN LAMA BAG. III

"IA turun menghakimi Edom bangsa yang KUkususkan untuk ditumpas"
ayat diatas adalah hari pembalasan, "Sebab TUHAN  mendatangkan hari pembalasan dan pengajaran karena perkara Sion"

 "Apakah ada yang melakukan keadilan, maka aku akan mengampuni kota itu, sekalipun mereka berkata demi TUHAN yang hidup namun mereka bersumpah palsu. Mereka mengeraskan hati, mataMU terarah kepada kebenaran, ENGKAU memukul mereka, tetapi mereka tidak kesakitan, ENGKAU meremukan mereka tetapi mereka tidak menerima hajaran. Mereka mengeraskan kepalanya lebih dari pada batu dan mereka tidak mau bertobat, lalu aku berpikir ; mereka hanya orang-orang kecil; mereka hanya orang-orang bodoh sebab mereka tidak tau jalan TUHAN hukum ALLAH mereka. Baiklah aku pergi kepada orang-orang besar dan berbicara kepada mereka sebab mereka yang menetahui jalan TUHAN hukum ALLAH mereka. Tetapi mereka semuanya telah mematahkan kuk, telah mematahkan tali-tali pengikat"

Kata khusus dari ayat satu (1) sampai ayat (5) sudah ditulis dua kali berarti kata "khusus" ini harus kita perhatikan dan cermati benar-benar dan dibahas lebih lanjut. ALLAH sangat mengkususkan Edom uintuk dihakimi, apabila DIA sudah menghususkan dan berkehendak untuk menghakimi berarti kesalahanya sangat besar dan tidak mungkin lagi untuk diampuni. Dalam penghukuman ini bukan hanya manusia tetapi ada makluk ciptaan yang lain yang terkena dampaknya yaitu tumbuhan dan binatang.

Kambing domba  menjadi gambaran dari semua orang Edom dan banteng adalah pemerintahan (para pemimpin Edom). Hal diatas adalah bentuk pembalasan  yang diberikan oleh TUHAN, apabila Bangsa Edom melawan DIA. Bangsa Edom bisa menjadi pembelajaran bagi bangsa-bangsa lain yang mau melawan kehendak dan kuasanNYA pasti akan dibuat seperti Edom yaitu dibumi hanguskan.

Hal diatas juga sebagai pembalajaran bagi barang siapa yang berusaha ingin berperkara dengan TUHAN dan bermaksud menguasai  Israel yang adalah umat pilihan ALLAH. Dan bukan hanya itu saja yang perlu duketahui bahwa DIA juga membuat alat produksi bagi Edom yang tidak dapat lagi dipakai untuk berproduksi . Sumber-sumber penghidupanyang ada di sana dihancurkan-NYA.
- Sungai berubah menjadi ter
- Tanah menjadi belerang yang menyala-nuala
- Negeri itu akan menjadi reruntuhan turun-tenurun
-Tidak ada yang melintasinya
- Edom hanya akan akan dihuni burung hantu-landak dan jin-jin

Semua ini sebagai pembelajaran  dan pembalasan TUHAN terhadap bangsa-bangsa yang berani melawan  DIA, tidak ada satu makluk hidup yang dibiarkan hidup bertumbuh dan berkembang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar