Kamis, 01 Juni 2017

DI DALAM MENGHADAPI MASA YANG SULIT MENURUT PERJANJIAN LAMA BAG. IV

Kata baju yang merah adalah gambaran bahwa Edom adalah bangsa keturunan Esau anak dari Ishak, kata baju yang merah  adalah, lazinya diartikan keberanian, kemegahan, kesombongan dan kekuatan.

"AKUlah yang menjanjikan keadilan  dan yang berkuasa untuk menyelamatkan"
"Mengapakah pakaianmu semerah itu dab bajunu seperti  baju pengirik buah anggur, AKU seorang dirilah yang melakukan pengirikan  dan diantara umatKU tidak ada yang menemani AKU. AKU telah mengirik bangsa-bangsa dalam murkaku dan AKU telah menginjak-injak dalam kehangatan amarahKU, semburan darah merah mereka memercik ke dalam bajuKU dan seluruh pakaianKu telah cemar sebab hari pembalasan telah KUrencanakan hari penentuan bela telah datang".
AKU melayangkan pandanganKU tidak ada yang menolong; AKU tertegun; tidak ada yang membantu lalu tanganKU memberi AKU pertolongan dalam kehangatan amarahKU.
AKU memijak-mijak bangsa-bangsa dalam murkaKU, menghancurkan mereka dalam kehangatan amarahKU dan membuat semburan darah mereka mengalir ke tanah"

Untuk memperlihatkan kekuatan dan kuasaNYA sebagai ALLAH, IA datang dengan baju yang merah, apa yang dimaksut dan apa tujuan-NYA, supaya Edom sebagai bangsa yang selalu berkontradiksi dengan TUHAN dan selalu melawan kekuasaan-NYA mendapatkan pembalasan dari ALLAH.

"AKUlah yang menjanjikan keadilan dan yang berkuasa untuk menyelamatkan"
Edom sebagai bangsa yang besar nempunyai sekutu yang banyak selalu menindas dan selalu membuat bangsa tersebut penuh dengan ketakutan dan merasa terganggu keamananya. Yang bisa memberikan keadilan hanya DIA, yang menjadi benteng yang sejati hanya ALLAH yang menciptakan langit dan bumi serta isinya, tanpa campur tangan-NYA Israel tidak bisa lepas dari penderitaan.

"Yang berkuasa untuk menyelamatkan"
Yang sanggup menyelamatkan dan yang berkuasa hanya ALLAH tanpa DIA turun tangan maka dia tidak bisa lepas cengkraman kekuasaan Edom. Israel harus kembali kepada tangan kasihNYA yang kuat sebab jika tanpa perlindungan TUHAN jelas ia akan tetap ada dalam penderitaan untuk selama-lamanya.

"Mengapakah pakaianMU semerah itu"
Pakaian adalah alat untuk menutupi tubuh manusia tetapi juga bisa menjadi satu identitas,pribadi, golongan, suku bangsa, apakah pakaianmu semerah itu yang berarti berani, siapa yang berani melawan kekuasaan ALLAH, pasti akan dimusnahkan-NYA. "Dan bajuMU seperti pengirik buah anggur" Pengirik buah anggur adalah seseorang yang pekerjaanya merubah buah anggur yang sudah masak menjadi anggur yang siap diminum. Mengapakah ALLAH menggambarkan diriNYA sebagai pengirik nuah anggur, karena DIA akan mengubah Edom  yang arogan dan sombong serta melawan ALLAH akan menjadi Bangsa yang tidak mempunyai segalanya. Karena yang berkaitan dengan sumber kehidupan dan kekuatan mereka akan dihancurkan  oleh ALLAH.
Anggur adalah sumber penghidupan  dari bangsa Israel selain dari gandum, apabila sumber-simber penghidupan sudah dihancurkan tentunya mereka tidak lagi mempunyai pengharapan lagi.

Yesaya di dalam tulisanya menggambarkan kehancuran Edom, "AKU telah menginjak-injak Edom dalam kehangatan murkaKU", kata menginjak-injak adalah gambaran umum khususnya orang Indonesia. IA akan jatuh tersungkur rebah karena terinjak-injak oleh DIA.

"Semburan darah mereka memercik pada bajuku"
Percikan darah itu muncul akibat dari terinjak injakmya orang-prang Edom dan memercik ke pakaian ALLAH dan seluruh pakaianku telah cemar. Dan cemar di sini ada benang merahnya dengan terinjak-injak dan darah yang menyembur dan memercik  kepakaian TUHAN. Kata cemar juga berkonotasi kotor atau mengotori juga bisa diartikan perbuatan-perbuatan Edom sebelum sebelumnya yang melawan kehendak ALLAH sehingga membuat DIA murka terhadapnya.

Yang menarik di sini adalah: "AKU seorang dirilah yang melakukan pengirikan dan dari antara amatKU tidak ada yang menemani AKU"
Tujuan DIA menciptakan manusia adalah sebagai mandatarisNYA di bumi ini, mengelola dan memenuhi bumi supaya bisa lestari, namun semuanya berubah seiring dengan ketidak taatan manusia Adam dan Hawa yang terkena tipu muslihatnya iblis dengan memakan buah pengetauan baik dan jahat. Setelah mereka memakan buah tersebut berubahlah prilaku keduanya dan keterunanya, yang awalnya baik berubah menjadi jahat sehingga kemuliaan ALLAH yang bernaung dalam diri mereka masing masing menjadi hilang dan berubah menjadi laknat. Manusia cenderung berprilaku jahat karena hanya ingin memenuhi keiginan daging yang sangat konradiktif dengan keinginan ROH. Ucapan ALLAH,'AKU seorang dirilah yang melakukan pengirikan dan diantara umatKU tidak ada yang menemani AKU. Manusia yang kehilangan kemulyaan-NYA tidak mengerti tugas-tugas dan kerja-kerjaNYA ALLAH sehingga DIA bekerja sendiri. IA menciptakan manusia dengan tujuan menjadi mandatarisNYA di dalam mengelola bumi ini sehingga bumi ini dapat lestari (mewujutkan suasana bumi seperti di Surga).
Namun semua berubah seiring dengan ketidak taatan manusia Adam dan Hawa yang terbujuk rayuan maut iblis dengan makan buah pengetauan baik dan jahat. Pohon lartangan itu telah mengubah pola pikir dan pola laku mereka sampai dengan keturunanya yang awalmya baik berubah menjadi jahat sehingga membuat kemuliaan ALLAH yang menaungi manusia menjadi hilang dan berubah menjadi laknat. Manusia cenderung berprilaku jahat karena hanya berfokus untuk memenuhi keinginan daging saja yang sangat kontradiktif dengan  keinginan ROH. Ucapan ALLAH AKU seorang dirilah yang mekukan  pengirikan dan diantara umatKU tidak ada yang menemani AKU. Manusia yang kehilangan kemuliaan ALLAH, tidak punya kasih dan hidup indifidualistis.

"AKU melayangkan pandanganKU tidak ada yang menolong, AKU tertegun tidak ada yang membantu"
Perbuatan Adam dan Hawa serta keturunanya sampai sekarang menjadikan mereka kehilangan jati diri, tolong menolong menjadi hilang berganti kehidupan yang indifidualisme yang berpusat pada dirinya sendiri. ALLAH dalam kerja-kerjaNYA tidak ada yang menolong dan membantu, umatNYA yang diharapkam membantu dan menolong kerja-kerja DIA, pada hal hakekat dari manusia diciptakan  dan beranak cucu dan bertambah banyak seperti bintang dilangit dan pasir dilaut untuk memuji dan memuliyakan DIA serta melayaniNYA. JIka umat Pilihan ALLAH (para pengikut KRISTUS serta yang mengaku muridNYA tidak memuliakan nama TUHAN, memuji nama, DIA dan taat kepadaNYA, tidak melayani DIA maka kehidupanya juga akan sama seperti Edom. DIA akan murka dan menghancurkan kehidupan kita sehingga tidak memiliki pengharapan lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar