Jumat, 02 Oktober 2015

"Penglihatan obaja. Beginilah Firman TUHAN tentang Edom - suatu kabar telah kami dengar dari TUHAN seorang urusan telah di suruh ketengah-tengah bangsa: bangunlah marilah kita bangkit memeranginya!"

 Siapa Edom?
 Edom merupakan tempat tempat yang sebelumnya bernama Seir, tanah dan penghuni dari Edom ditemukan di dataran di bagian selatan dan tenggara laut mati, Edom juga bertetangga dengan Israel. Dalam Alkitab Edom memiliki tiga makna, makna pertama ada di kej. 25:30;36:1,8 dan 19, nama dari Esau karena ia menukarkan hak kesulunganya dengan sup kacang merah. Makna ke dua ada di Bil. 20:18,2021; Amos 1:6,11;9:12; Maleakhi 1:4 yaitu edaom sebagai kelompok bangsa. Makna yang ke tiga ada pada Kej. 32:3;36:20,21,30; Bil.24:18 yaitu tanah yang diduduki keturunan Esau yang sebelumnya dikenal dengan nama Seir. Kata Edom sendiri berarti merah kata ini mengacu pada sup kacang merah sebagai ganti hak kesulungan, selain itu kata Edom berkaitan dengan kelahiran Esau kej. 25:25 kata merah muncul karena warna kemerah-merahan yang ada yang ada pada tanah Edom. Dalam Alkitab terdiri dari batu warna merah, perjanjian baru terkenal dengan kata Edumea

 siapa yang di suruh ketengah-tengah Bangsa? Siapa yang tidur sehingga harus bangun? Siapa yang diperangi dan siapa yang harus memerangi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar