Minggu, 20 September 2015

DI DALAM KRISTUS TIDAK ADA PERBUDAKAN TETAPI PERSAUDARAAN 5

" Dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang  sangat berguna baik bagiku maupun bagimu"

Sebagai seorang budak yang lari dari tuanya sangat merugikan secara ekonomi dan keuanganya sehingga dia disebut tidak berguna bagi Filemon. Setelah ia bertemu dengan Rasul Paulus entah ketika ia masih di rumahnya Filemon atau saat itu di dalam penjara kota Roma, Namun yang paling logis onisimus pernah ketemu atau melihatnya ketika ia masih menjadi budaknya Filemon tetapi tidak menutup kemungkinan ia mendengar tentang rasul Paulus dari mulut kemulut sebab rumahnya Filemon dijadikan tempat ibadah jemaat di Kolose.

Setelah dia kabur dari Filemon ia langsung menuju penjara Kota Roma untuk menemui Rasul Paulus, di situlah Onisimus bertobat, setelah bertobat ia berkomitmen melayani Rasul Paulus di situ, karena pada saat itu memang diijinkan seseorang untuk melayani apa yang menjadi kebutuhan nara pidana entah itu kebutuhan makan, pakaian dan kebutuhan yang  lainya sehingga ia mengatakan sekarang ia sangat berguna baik bagiku maupun bagimu. Yang mendasari Rasul Paulus berkata seperti itu bukan dari pikiran pikiranya sendiri karena ia diuntungkan dengan kehadiran Filemon di penjara Roma tetapi yang disampaikan Paulus bahwa Onisimus sangat berguna bagiku maupun bigimu itu berdasarkan pikiran pikiran KRISTUS yang medasarkan persaudaraan dan cinta kasih terhadap ALLAH dan sesama. Setelah Onisimua sudah berobat Kepada ALLAH ia harus diperlakukan bukan lagi sebagai budak tetapi sebagai saudara seiman dan pelayanan kepada KRISTUS bukan soal duniawi. 

" Dia kusuruh kembali kepadamu - dia yaitu buah hatiku"
Pertobatan Onisimus terjadi di penjara Kota roma, yang luar biasa ia mau melayaninya di dalam penjara hal diatas yang membuat rasul paulus menyebutnya "buah hatiku", menurut kamus besar Bahasa Indonesia kata buah hatiku maknanya sama dengan jantung hatiku  yang lazim disebut buah hati itu adalah seseorang yang sangat istimewa dalam hidupnya. Dihadapan Rasul Paulus Onisimus adalah seseorang yang istimewa dan sangat mengesankan. Buah hatiku sangat berhubungan erat dengan persaan sesorang dengan orang yang lainya, mengapa Onisimus sangat istimewa di hati Rasul Paulus?Apakah latar belakangnya yang membuat Rasul Paulus begitu mengistimewakanya, yang membuat Onisimus sangat istimewa baginya karena pertobatanya dan begitu tulus tanpa pamprih dalam melayani Rasul Paulus ketika di Penjara.

"Tetapi tanpa persetujuanmu aku tidak mau berbuat sesuatu supaya yang baik itu jangan kau lakukan seolah-olah dengan terpaksa melainkan sukarela"

Rasul Paulus tidak mau memanfaatkan momen untuk kepentinganya sendiri walaupun ada kesempatan dan bisa melakukanya, disini ia mengajarkan dan melarang untuk menindas dan menghisap manusia yang lainya tetapi menggapnya sebagai saudara seiman. Ia ingin menjadikan dirinya sebagai teladan kepada orang lain termasuk Filemon dan ia tidak mau Onisimus menjadi opyek pertikaian antara Filemon dan dirinya menjadi  penghambat pekerjaan TUHAN dimuka bumi. Paulus mengharapkan kehadiran Onisimus itu memperkuat pelayanan pekerjaan Tuhan bukan memperlemahnya sehingga nama TUHAN lebih dipermuliakan, kata "tetapi tanpa persetujuanmu aku tidak mau berbuat sesuatu". Paulus tidak ingin berselisih paham dan perpecahan terjadi antara dirinya dan Filemon karena Onisimus masih bersetatus sebagai budak Filemon makanya untuk menjadikannya sebagai pelayanya di penjara harus atas ijin Filemon. Kalau ia menyerahkan Onisimus kepadanya tidak karena terpaksa tetapi dengan sukarela artinya tidak akan mempunyai dampak buruk dikemudian hari kususnya dalam pelayanan pekerjaan_NYA

"Sebab karena itulah  dia dipisahkan kan sejenak dari padamu, supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya"
Kepergianya dari rumah Filemon

"Sebenarnya aku mau menahan dia disini sebagai gantimu  untuk melayani aku selama aku dipenjara karena INJIL"
Setelah  Saulus berganti nama menjadi Paulus dengan kata lain bertobat kepada Allah dan mengaku KRISTUS adalah dan juru selamat membawa perubahan besar dalam dirinya dan kehidupanya. Ia adalah seorang rasul yang sangat aktif, kreatif yang mempunyai mobilitas tinggi dalam pekerjaan pekabaran INJIL KRISTUS, dia adalah Rasul yang cerdas karena memang berpendidikan tinggi dalam bimbingan guru besar Gamaliel maka Rasul Paulus sangat disegani kawan dan lawan. Kata "sebenarnya aku mau menhan dia disini sebagai gantimu selama aku dipenjara di sini karena INJIL" Kata menahan dia sebagai gantimu ditengarai bahwa filemon pernah menjadi pelayanya Rasul Paulus di penjara Roma walaupun tidak diceritakan kapan waktunya dan berapa lamanya ia melayani dia di dalam penjara. Kata diatas juga bisa menjukan bahwa Rasul paulus adalah seseorang yang pandai, berwibawa dan bijaksana yang disegani banyak orang terutama Filemon. Sebagai orang yang kaya harta dan budak tetaoi ia mau melayaninya di dalam penjara seperti pepatah yang mengatakan berat sama dipukul ringan sama dinjing.

"Sebab mungkin karena itulah ia dipisahkan sejenak dari padamu supaya engtkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya"

Kepergian onisimus dari rumahnya Filemon yang bersetatus sebagai budak membawa tanda-tanya besar karena tidak jelas alasanya mengapa ia pergi meninggalkan tuanya. sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak dari padamu", kata dipisahkan sejenak daripadamu dikandung maksut supaya Filemon menyadari bahwa menindas orang, memperbudak, menghisap manusia itu sangat kontradiktif dengan filosofi ajaran KRISTUS yang menitik beratkan pada pikiran, ucapan dan tindakan kasih. Oleh karena itu dengan kepergian onisimus itu menjadikan Filemon sadar bahwa ia telah salah berpikir, salah berucap dan berindak  salah kepada sesamanya.

Pertobatan kepada KRISTUS menjadikanya bijaksana dan meneladani DIA yang memang penuh kasih dan sayang kepada sesama termasuk musuh sekalipun. "Supaya kamu dapat menerimanya untuk selama-lamanya", ketika Onisimus datang bukan lagi sebagai budak tetapi ia kembali rumah Filemon sebagai teman seiman atau sebagai saudara yang kekasih dan sebagai rekan sekerja ALLAH dalam pelayanan pekerjaan TUHAN. Kata selama-lamanya itu menunjuk suatu kekekalan dari sekaran sampai selama-lamanya dalam berpikir, berucap dan melakukan kerja-kerja kasih. Batasanya adalah ketika seseorang sudah dipanggil ALLAH ke SurgaNYA yang kekal. Kasih yang berasal dari Allah itu kekal makanya selama kita hidup harus melakukan kasih.

"Bukan lagi sebagai hamba melainkan lebih dari pada hamba yaitu sebagai saudara yang kekasih, bagiku sudah demikian, apa lagi bagimu, baik secara manusia maupun di dalam Tuhan" 

Ayat diatas adalah ayat yang sangat krusial bagi kehidupan Onisimus selaku seorang hamba dari Filemon, apakah ia akan tetap dianggap sebagai seorang hamba atau sahabat dan saudara yang kekasih di dalam KRISTUS. Kalau Filemon masih menganggapnya seorang hamba maka ia akan menerima hukuman darinya atas konsekwensinya sebagai seorang budak yang telah pergi dari rumahnya dan apakah Onisimus naik setatus menjadi saudara yang kekasih, kalau sudah demikian tidak akan ada lagi perhambaan dalam kehidupan pengikut KRISTUS, yang ada hanya kehidupan yang penuh dengan persaudaraan dalam iman dan kasih niscaya pekerjaan TUHAN akan berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar