Kamis, 17 Desember 2015

"Ayat 4. Sekalipun engkau terbang tinggi seperti rajawali, bahkan sekalipun sarangmu ditempatkan diantara bintang-bintang dari sanapun aku akan menurunkan engkau-demikianlah Firman TUHAN"

Tidak ada larangan seseorang itu mempunyai mimpi dan opsesi setinggi langit tetapi hanya DIA yang menjadi penentu dari semuanya itu, kata "terbang tinggi seperti rajawali" dalam konteks Edom adalah bentuk kesombongan, individualisme yang itu sangat dibenci oleh ALLAH sehingga IA menurunkan engkau dari tempat ketinggian dan jatuh tergeletak tidak akan bangun-bangun lagi.

Terbang tinggi seperti rajawali berbicara masalah karakter atau watak Edom yang suka merendahkan sesaeorang atau kelompok yang kondisi Ekonomi, Sosial dan Politiknya (EKOSOPnya) berada dibawahnya, Edom adalah kelompok yang suka berperang atau menguasai dan menaklukan kelompok lain, merampas harta benda dan menjadikan mereka budak baginya. Watak penindas dan haus kekuasaan yang ada pada dia menjadi alasan mengapa ALLAH menurunkan Edom dari terbang tingginya, ia merasa kalau sudah berada di tempat yang paling tinggi itu tidak ada yang menyamai atau melebihi dia. Tempat yang tertinggi juga bisa diartikan Edom dalam puncak kekuasaan atau puncak popularitas, kedudukanya akann diikuti oleh harta benda kemewahan.

Memang imperialisme itu akan diikuti dengan penindasan manusia atas manusia yang menjadi faktor utamanya adalah harta benda dan kemewahan, jabatan dan wanita dan pria, watak dan karakter seperti ini dari dahulu sampai maranata akan terus mewarnai dinamika kehidupan ini, bahkan bentuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar