Jumat, 19 Januari 2018

TUJUH PERKATAAN SALIB VII

"Sudah selesai"

Sesudah YESUS meminum anggur asam itu berkatalah IA: "Sudah selesai"

Kata sudah selesai artinya YESUS telah atau sudah selesai di dalam melaksanakan tugas dari BAPA untuk menyelamatkan  dosa-dosa manusia.Kata sudah selesai menjadi pertanda bahwa DIA akan kembali ke pangkuan ALLAH BAPA di Surga dan mengakiri pekerjaan-NYA di bumi.Artinya pekerjaan YESUS tidak akan bisa diulang atau sekali genap (sudah genap)seperti yang dikatakan Firman TUHAN dalam Perjanjian Lama. Siapa yang diuntungkan dari selesainya pekerjaan-NYA adalah manusia yang percaya kepada DIA sebagai TUHAN dan juru selamatnya.

Dengan selesainya pekerjaan-NYA tersebut, bagaimanakah selanjutnya, apakah akan membiarkanya begitu saja seperti ayam kehilangan induknya. IA sebagai ALLAH yang menjilma menjadi manusia untuk menyelamatkan dosa manusia sudah selesai tetapi seperti pelari estafet jika tugasnya berlari sudah sampai tujuan ada yang akan mengantikan-NYA. Demikian pula dengan YESUS karena tugasNYA sudah selesai maka akan ada yang mengantikan DIA yaitu ALLAH ROH KUDUS yang sering disebut ROH penghibur. Kata sudah selesai disini berarti tugas dan fungsiNYA sebagai manusia sejati dan sebagai penyelamat dunia sudah purna bersama kematian-NYA di kayu salib. Kata sudah selesai sama dengan pendelegasian tugas kepada yang lainya untuk bertugas selanjutnya. Sebab di dunia ini mengenal yang namanya ruang dan waktu seperti kata Pengkhotbah: " Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun dibawah langit ada waktunya. Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal." YESUS sebagai manusia  sejati  yang ada di bawah langit harus patuh kepada proses kelahiran  dan kematian seperti manusia yang lainya. Kata sudah selesai untuk dibawah langit sudah hal yang biasa terjadi karena semua manusia akan menerima  yang demikian. Kata sudah selesai juga bisa ada benang merahnya dengan kematian, sudah menyelesaikan tugas dalam hidup sebagai manusia. Kata Pengkhotbah bahwa ada waktu untuk lahir dan ada waktu untuk mati, dengan kata lain setiap manusia yang dilahirkan pasti akan menghadapi kematian, yang menjadi pertanyaan, walaupun kata selesai itu sudah hal yang biasa dilihat oleh manusia tetapi mengapa manusia begitu takut menghadapi kata sudah selesai. Termasuk KRISTUS, sebab roh kuat dan tubuh lemah, DIA yang terdiri dari darah dan daging juga sangat takut tetapi karena ketaatan terhadap kehendak BAPA IA rela menjalaninya.

Oleh karenanya sebagai orang yang telah percaya KRISTUS sebagai TUHAN dan juru selamat dalam menghadapi kata sudah selesai seperti kata Rasul Paulus: Hidup untuk bekerja bagi KRISTUS mati adalah keuntungan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar