Kamis, 02 Februari 2017

KAMU MAU PILIH YANG MANA BAG. 15

INDAHNYA PERSAHABATAN
"Sebab AKU menyertai engtkau;AKU akan memberkati engkau"
Lalu pada malam itu TUHAN menampakan diri kepadanya serta berfirman:AKUlah ALLAH ayahmu Abraham, janganlah takut, AKU menyertai  menyertai engkau, AKU akan memberkati engkau dan membuat banyak keturunanmu karena Abraham hambaKU itu.

"Lalu pada malam itu TUHANmenampakan diri kepadanya"
Kata menampakan diri kepadanya itu artinya memperlihatkan  diri karena sebelumnya tidak bisa dilihat oleh Ishak, menampakan diri juga bisa diartikan memperkenalkan diri kepada dia karena sebelumnya belum memperkenalkan diri secara langsung. Tujuan ALLAH menampakan diri kepadanya karena IA ingin melanjutkan perjanjian yang dahulu pernah dilakukan dengan Abraham ayahnya.
DIA ingin memperbaharuhi perjanjian antara diriNYA dengan Abraham diestafetkan kepada Ishak sebab tanpa ada pembaharuan janji itu hanya akan menjadi sejarah dan cerita turun temurun tetapi perjanjian itu akan dialami secara nyata dan benar-benar nyata oleh Ishak dan keturunanya. Perjanjian antara ALLAH dan Ishak bentuk eksistensi dan konsistensi ALLAH dihadapan umatNYA, bahwa apa yang pernah IA sampaikan sebelumnya pasti akan terjadi dan pasti akan digenapi dan DIA tidak pernah ingkar janji dan IA adalah setia.

"Janganlah takut sebab AKU menyertai engkau"
Bukan hanya Ishak semua  akan mengalami ketakutan apabila situasimya sama seperti yang ia lihat, hidup sebagai orang asing tidak punya tempat tinggal sanak saudara pun tidak ada baik kehidupan baik pada saat ini maupun yang akan datang, tetapi TUHAN berkata: Jangan takut sebab AKU menyertai engkau. IA memberikan motifasi dan memberikan dorongan supaya tidak takut menghadapi apapun permasalahan yang akan menghadang  dalam kehidupan saat ia menjadi orang asing terutama bagi mereka yang tidak senang(musuh-musuh Ishak)

"Sebab AKU menyertai engkau"
TUHAN bukan hanya memotifasi tetapi DIA juga menyertai Ishak dalam melakukan aktifitas apapun dan tidak membiarkan ia celaka oleh nusuh-musuhnya karena IA tidak pernah tidur dan terlelap sedetikpun sehingga apapun yang dikerjakan dia menjadi berhasil.

"AKU akan memberkati engkau"
Di sini berkat berkaitan dengan kebutuhan pokok hidup manusia (pangan, sandang dan papan) termasuk ternak-ternak yang dipelihara. TUHAN akan senantiasa menolong, membimbing dalam mengerjakan tanah dan apa yang diusahakanya akan menghasilkan 100 kali lipat, itulah tandanya jika ia diberkati TUHAN sehingga dia semakin lama menjadi kian kaya. Maksut TUHAN menjadikanya kaya adalah: Sebagai orang yang diberkati TUHAN Ishak ingin dibandingkan dengan Abimelek dan masyarakat Pilistin yang tidak diberkatiNYA, sema sama menabur tetapi hasil akhirnya berbeda 100 kali lipat.

"Dan membuat banyak keturunanmu"
Banyak keturunan seperti bintang di langit dan pasir dilaut seperti yang dijanjikaNYA supaya umat pilihan-NYA terus bertambah banyak sehingga menjadi sebuah bangsa. Dengan jumlah umat pilihan ALLAH keturunan dari Ishak secara otomatis akan menjadi kuat, suku bangsa yang memusuhinya akan berpikir dua kali untuk melawanya. Namun bisa juga sebaliknya Ishak dan keturunanya karena disertai ALLAH akan merebut dan menguasai bangsa asing, kalau ALLAH dipihak kita siapakah lawan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar