Minggu, 04 Mei 2014

KHOTBAH DI ATAS DIBUKIT PART. XV

MATIUS 7:28-29


YESUS ADALAH PRIBADI YANG UNIK BAG 1
Takjublah banyak orang atas pengajaran-Nya" dan " Ia mengajar sebagai orang yang berkuasa"
  Mengapa banyak orang yang takjub kepada Kristus karena Yesus adalah pribadi yang sangat mengagumkan hal ini bisa diketahui sejak Dia berumur 12 tahun, selama tiga hari duduk bersama alim ulama sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan kepada mereka. Mereka terkagum-kagum karena kecerdasan-Nya, Yesus semakin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan bertambah besarNya dan makin dikasihi Allah dan manusia. Sebagai manusia sejati Ia adalah pribadi yang unik dan menarik karena:
  1.  Kecerdasan-Nya diakui dari semua kalangan mulai dari kalangan atas sampai kalangan bawah
  2.  Sebagai anggota masyarakat Dia selalu aktif dalam semua kegiatan masyarakat
  3.  Dia adalah pribadi yang penuh kasih kepada sesama manusia tanpa memandang setatus sosial
  4.  Ia adalah pribadi yang tegas dan tidak mau kompromi terhadap tindak kejahatan
  5.  Ia adalah seorang guru yang kaya akan inovasi-inovasi dan kreatifitas dalam mengajar  sehingga banyak murid yang terkesan terhadap pengajaran-Nya.
 Dari hari-ke hari seiring dengan bertambahnya usia juga dibarengi dengan kedewasaan, penuh dengan nasehat dan belaskasihan, perpikir, berucap dan bertindak. Ucapan-Nya penuh dengan nasehat bagi semua orang, penuh dengan kecaman dan kritikan tajam bagi para pemimpin agama Yahudi yang penuh dengan kemunafikan. Ucapan-Nya menyejukan hati menguatkan bagi yang letih lesu dan berbeban berat, Dia selalu berpikir untuk kesejahteraan orang lain, Dia selalu berpikir untuk menyelamatkan orang lain. Dia selalu bertindak untuk memperdulikan orang lain tanpa padang bulu, termasuk orang-orang yang sudah tersetikma oleh para agamawan Yahudi maupun kalangan masyarakat , contoh: para pemungut cukai dan perempuan-perempuan tuna susila. Kepedulian Yesus terhadap mereka yang termarjinalkan dimulai dari diriNya sendiri Dia adalah anak seorang pencari kayu bakar Yusuf dan Maria, bahkan diriNya adalah dilahirkan di sebuah kandang di Betlehem, hal diatas yang membuat mereka taktub akan pengajaran-Nya. Sebagai guru Ia adalah teladan yang mampu menyampaikan pengajaran dan mampu menjadi contoh kongkrit tentang segala sesuatu yang telah diajarkan-Nya, ketakjupan banyak orang bisa dilihat dari perjalanan pelayanan-Nya kepada sesama di banyak tempat kususnya dalam kurun waktu tiga setengah tahun. Mereka takjup bukan hanya pengajaran-Nya tetapi Dia mampu mengusir setan, menyembuhkan orang sakit, orang lumpuh dibuat berjalan dan orang mati di hidupkan dan hal-hal sepektakuler yang lain.   Yesus mengajar sebagai orang yang berkuasa, siapa Dia sehingga melakukan segala sesuatu dengan penuh kuasa? Dia adalah Firman yang hidup yang telah menjelma menjadi manusia dan diam diantara orang-orang yang percaya kepadaNya, sebagai anak tunggal Bapa yang penuh kasih dan penuh kebenaran.

YESUS ADALAH PRIBADI YANG UNIK BAG.2
 Ia adalah pridadi  yang arif dan bijaksana makanya wajar jika semua yang disampaikan adalah penuh kuasa dan pasti benar. Apa yang Yesus pikirkan, yang Ia sampaikan yang Dia lakukan penuh dengan kuasa karena Dia adalah Allah sendiri yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, hal itu sangat berbeda dengan apa yang dipikirkan, disampaikan dan dilakukan para ahli taurat yang penuh dengan kepura-puraan. Yang dilakukanya selalu bertujuan untuk kepentingan diri sendiri, supaya dianggap saleh, dianggap yang paling rohani dan pintar, mereka selalu ingin menjadi pusat perhatian dan pusat perbincangan serta pusat kegiatan. Sehingga menjadi jelas bahwa yang diajarkan, diucapkan dan dilakukan tidak penuh dengan kuasa dan tidak berdampak apapun bagi orang banyak. Pengajaran orang Farisi, Saduki dan ahli taurat yang lain menjadikan manusia menjadi bebal, bodoh dan jahat. Untuk itu supaya hidup kita menjadi bijaksana dan selalu menjadi berkat bagi orang lain, harus selalu mengucapsukur dan tetap berdoa dan bersuka cita senantiasa dihadapan-Nya karena hari hari yang akan kita lalui adalah hari yang jahat, Yesus menggambarkan bahwa para pengikut Kristus seperti  domba yang hidup di tengah kawanan srigala, sehingga sehingga  ketulus dan cerdik seperti ular dan tulus merpati merpati. Supaya bisa seperti itu tidak mudah syaratnya harus selalu mengerti kehendak Allah, oleh karena itu jangan mabuk oleh anggur-karena anggur menimbulkan hawa nafsu tetapi hendaklah penuh dengan roh kudus. Supaya dalam hidup kita mendapat penilaian yang baik dari orang lain kita harus selalu mendekat kepada Tuhan supaya hidup kita selalu diperbaharui dan menjadi bijaksana, jangan bebal terhadap pengajaran firman, menggunakan waktu untuk hal yang positif yang berpusat pada misi Kristus yaitu mengasihi Allah dan sesama. Mengapa demikian? karena hari-hari yang akan kita lalui adalah hari-hari yang jahat makanya Firman Tuhan mengatakan:"sebab itu janganlah kamu bodoh" Ada dua hal yang perlu kita perhatikan yaitu kebodohon yang dimaksud" Hari hari yang jahat,kehidupan yang berpusat pada keinginan daging (individualisme yaitu keinginan untuk mencukupi kebutuhanya sendiri tanpa memperdulikan kebutuhan orang lain. Pada saat ini mereka sudah terkena jerat kehidupan yang hidonis dan konsumerisme, itu menyebabkan kesenjangan sosial di masyarakat semakin lebar, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Sebagai pengikut Kristus harus bijaksana dalam mensikapi semuanya itu, keperpihakan kita harus jelas yaitu berpihak kepada mereka yang terpinggirkan dan teraniaya sekalipun banyak yang tantangan yang menghadang baik saat ini maupun yang akan datang.

YESUS ADALAH PRIBAFI YANG UNIK BAG. 3

 Dengan selalu hidup dalam jalan Tuhan dan selalu meminta pertolongan Roh Kudus kuasa Kristus selalu memenuhi dan memampukan untuk berbuat demikian. Kalau diri kita sebagai pengikut Kristus mampu menunjukan diri sebagai anak-anak terang dan mampu menyinari mereka yang masih hidup dalam kuasa gelap tentunya mereka akan tau eksistensi kita tetapi jangan sampai lupa bahwa semua itu karena Kristus .Untuk mewujudkan hidup sebagai anak-anak terang harus:
  1. Orang tersebut harus menjadi penurut-penurut Allah dan hidup dalam kasih seperti Dia juga melakukan hidup yang demikian, Sebagai penurut penurut Allah tidak bisa dipisahkan dari persembahan yang hidup dan berkenan kepada-Nya.
  2. Harus menjaga kekudusan supaya kecemaran, hawa nafsu mampu kita hindari bahkan mengucapkan hal-hal yang berkenaan dengan keinginan dagingpun tidak boleh.
 Sebagai anak-anak terang harus hidup dengan penuh ucapan syukur kepada Allah karena harus selalu berbuah kebaikan, keadilan dan kebenaran seperti emas murni, untuk mengetauinya kalau itu emas asli atau palsu dengan dibakar dalam api demikian dengan kebaikan, keadilan dan kebenaran juga harus diuji dahulu. Seiring dengan berjalanya waktu kebaikan sejati, kebenaran dan keadilan sejati hanya dinamika di masyarakat yang bisa menentukan, hanya dengan ujian itu kita bisa melihat hasilnya apakah dalam mengarungi kehidupan dunia yang sangat keras para pengikut Kristus mampu menunjukan kebaikan, keadilan dan kebenaran. "Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepadaNya apabila ia jatuh tak sampai tergeletak sebab Tuhan menopang tanganya",jika pemikiran, perkataan dan perbuatan berkebenaran dan berkeadilan serta berkebaikan, Tuhan akan selalu menopang karena untuk hidup yang demikian tantanganya sungguh luar biasa, yang perlu dilakukan para pengikut Kristus adalah berpikir, berucap dan bertindak positif. "Bahwa aku tertindas itu baik bagiku supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Nya", untuk belajar ketetapan-ketetapan-Nya harus ada itimidasi dan tekanan hidup sehingga menjadi manusia yang baru, "besi menajamkan besi manusia menajamkan sesamanya". Kedewasaan iman, pemikiran, ucapan dan tindakan harus bersinggungan dengan manusia yang lain, dengan hidup  yang penuh dengan ujian dan tantangan baik lahir maupun batin akan membawa hidup yang penuh dengan kebijaksanaan. Hanya oleh iman dan pertolongan Roh Kudus kita dimampukan untuk menghadapi hidup, Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar