Jumat, 22 September 2017

ESPEKTASI BAG V

"Kemudian seseorang yang tahir  harus mengambil hisop mencelupkanya ke dalam air itu  dan mempercikan keatas kemah  dan keatas segala bejana  dan keatas  orang-orang yang ada di sana  dan keatas orang yang telah kena kepada tulang-tulang atau kepada orang-orang yang mati terbunuh atau kepada mayat atau kepada kubur itu"

Darah dalam Perjanjian lama  sangat penting khususnya dalam sepiritual di bait ALLAH, dalam semua jenis ibadah darah menjadi bahan baku utama (harus ada), kalau dalam ayat ini darah berfungsi untuk pentahiran atau penyucian.

Setelah itu air juga mendapatkan prioritas sebagai istrumen ibadah, mengapa air juga menduduki prioritas dalam peribadatan karena air adalah sumber kehidupan makluk hidup dan jika tidak ada air maka dunia ini tidak akan ada kehidupan. Air identik dengan kebersihan untuk semuanya, seseorang atau benda benda yang kotor tidak ada air tidak akan bisa dibersihkan. Segala sesuatu barang atau benda yang dapat dilihat oleh mata telanjang hanya bisa bersih dengan air saja tanpa kecuali alat-alat ibadah di bait suci. Dengan pentahiran dengan air  diharapkan umat Israel dan orang orang yang bukan orang Israel  tinggal menetap di Israel dapat benar-benar tahir baik jasmani maupun rohaninya. Melalui pentahiran itu  kiranya umat Israel dapat menjadi berbeda jika dibandingkan dengan bangsa yang lain yang tidak mempunyai ALLAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar