Rabu, 12 September 2018

YESUS MENAMPAKAN DIRI DI DALAM INJIL YOHANES BAG. 5

"Memang masih banyak tanda lain yang dibuat YESUS di depan mata murid-muridNYA yang tidak tercatat dalam kitab ini, tetapi yang tercantum di sini telah tercatat supaya supaya kamu percaya bahwa YESUSlah MESIAS ANAK ALLAH supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNYA"

Ayat ini menunjukan dua hal yaitu keterbatasan manusia dalam berbagai hal termasuk dalam menulis (mencatat), sebab dari kelahiran sampai dengan kematian dan kebangkitan-NYA dalam sehari-harinya selalu melakukan aktifitas baik pribadi maupun bersama-sama dengan para murid dan bersama-sama dengan masyarakat Israel. Dan apa yang selalu diperbuat YESUS itu selalu benar dan bisa menjadi teladan bagi para murid dan pengikutNYA. Hal ini yang membedakan kemanusiaan KRISTUS dengan yang lainya, karena IA selalu melakukan segala sesuatu sesuai dengan  keinginan ROH KUDUS sedangkan manusia yang lain melakukan segala sesuatu selalu dipengaruhi oleh keinginan daging. Inilah perbedaan yang sangat pokok antara keinginan ROH dan keinginan daging saling berkontradiktif, selama manusia masih dipengaruhi oleh keinginan daging maka kelemahan-demi kelemahan akan terbuka dan terlihat dengan sendirinya.

Walaupun telah terlihat di depan mata mereka namun masih banyak yang tidak bisa ditulis dan tercatat, hal diatas hanya salah satu yang membedakan antara ALLAH dan manusia, Manusia mempunyai ingatan yang tidak sempurna sebab daging itu lemah sedangkan ROH itu kuat. Walaupun manusia banyak keterbatasan DIA tetap memakainya untuk menjadi alat untuk melakukan pencatatan (menulis), sekalipun pendidikan mereka rendah. Sebagai manusia sedikit banyak dipengaruhi sobyektifitas pribadi, contoh Injil Matius ditulis oleh Matius dan diperuntukan untuk siapa catatan tersebut. Injil Matius ditulis oleh matan pemungut cukai (penagih pajak) zaman itu yang bernama Matius dan juga salah satu dari ke dua belas murid YESUS.

Sebagai seorang pemungut cukai tentunya dia adalah seorang yang sangat teliti dan juga berpengetauan, bahkan seorang pemungut cukai adalah pribadi yang tahan banting. Sebab pada waktu itu pemungut cukai adalah pekerjaan yang paling dibenci oleh masyarakat Israel karena:
1, Pajak tersebut untuk bangsa Romawi, bangsa yang selama ini menjajah mereka
2. Cara menariknya pun sering kali menggunakan cara-cara yang kejam dan kasar
3. Mereka juga suka menarik pajak melibihi dari jumlah yang sudah ditentukan
Dengan kata lain bahwa pemungut cukai adalah orang orang yang disebut sampah masyarakat dan hidup mereka dijauhi masyarakat karena dianggap pengkianat bangsa.

Seorang Pemungut cukai juga mempunyai pengetauan yang luas sehingga bisa diterima sebagai pwmungut cukai, itulah mengapa setelah mereka menjadi murid YESUS dan bertobat ia dikekendaki untuk menulis kitab. Yang paling pokok bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa kehadiran orang lain dan manusia juga tidak sanggup menyelamatkan diri dari belenggu dosa (iblis) maka dari itu mereka sangat butuh ALLAH dalam hidupnya.

"Tetapi yang tercantum di sini telah tercatat supaya kamu percaya bahwa YESUSlah MESIAS ANAK ALLAH dan supaya oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNYA."
Kata pencatatan adalah menulis apa yang telah ditulis orang lain atau diucapkan orang lain, sedangkan matius seorang mantan pemungut cukai mencatat apa yang telah dikatakan oleh YESUS. Supaya dengan catatan-catatan itu menjadi suatu peringatan atau pengingat bahwa pristiwa yang dialami oleh KRISTUS itu semuanya benar dan menjadikan banyak orang percaya bahwa DIA adalah MESIAS ANAK ALLAH. Sebab iman adalah bagian yang sangat vital bagi kehidupan sepiritualitas manusia. Dicatatnya setiap peristiwa yang bisa dilihat oleh mereka yang dikususkan oleh TUHAN untuk menuliskan apa yang telah mereka dengar dan lihat dengan tujuan supaya percaya bahwa YESUS adalah MESIAS yang telah dijanjikan dalam Perjanjian Lama.

Dengan tercatatnya semua peristiwa menjadikan semua orang berdosa menjadi percaya baik di masa lalu, sekarang maupun yang akan datang dari generasi ke generasi.Tujuan pencatatan ini adalah sebagai dokumen bagi generasi yang akan datang supaya mereka yang hidup setelah YESUS hidup bisa mempelajari dan menjadi percaya. Catatan itu juga berfungsi mengingatkan dan menguatkan iman dan percaya kepada KRISTUS sebagai TUHAN dan juru selamat. Dengan catatan tersebut manusia dikuatkan dalam iman kepada KRISTUS, catatan-catatan itu sangat berbeda dengan yang buku-buku pada umumnya, sebab catatan itu berasal dari ilham dan wahyu dari ALLAH sendiri sehingga apabila didengar,dibaca dan dilaksanakan mendapatkan kebahagiaan yang sejati. Catatan-catatan itu berkuasa dan sanggup mengubah setiap hati dan menguatkan iman karena mampu menjadi pelita bagi kaki kita melewati kehidupan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar