Rabu, 26 September 2018

YESUS MENAMPAKAN DIRI DI DALAM INJIL YOHANES BAG. 7

YESUS PEMBERI KEPASTIAN HIDUP
Kata Mereka kepadaNYA: "Kami pergi juga dengan engkau, mereka berangkat lalu naik perau tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa"

Sekalipun mereka adalah seorang pakar dalam menjala ikan tetapi juga bisa mengalami kegagalan di dalam melakukan penangkapan terbukti semalaman tidak mendapatkan satupun ikan yang bisa dibawa pulang. Karena sudah pagi mereka memutuskan untuk kembali ke darat walaupun dengan tangan hampa. Dengan kegagalan menjala ikan malam itu tentunya juga akan berpengaruh kepada keluarga mereka masing-masing minimal pada hari itu sampai dengan mereka melaut kembali. Sebab sebagai seorang nelayan yang taraf hidup menengah ke bawah, tentunya pendapatan hari itu hanya cukup untuk hari itu juga kalau lebih hanya cukup satu sampai dua hari ke depan. Sebagai seorang nelayan memang demikian cara mereka berekonomi, jika mereka pulang tidak membawa tangkapan ikan secara otomatis mereka tidak membawa penghasilan dan kalau bisa mereka harus mencari cara lain untuk makan hari itu, dengan kata lain, kegagalan mencari ikan akan sangat berpengruh dalam keluarga.

Sebagai seorang nelayan jika gagal menangkap ikan baik itu karena cuaca ataupun karena  perkara yang lain sehingga gagal mendapatkan ikan sudah barang tentu akan sangat mempengaruhi kehidupan keluarga sebab mereka butuh makan, sebab jika tidak makan akan kelaparan lalu sakit,ujungnya pada kematian. Oleh karena itu nelayan yang menggunakan peralatan tradisional digolongkan ke dalam setatus sosial menengah ke bawah sebab pendapatanya sangat minim dan hanya cukup untuk makan hari itu juga dan tidak ada tabungan atau tunjangan hari tua apabila mereka sudah tidak sanggup mencari ikan. Dan hidup mereka ada dalam ketidak pastian sebab hidup mereka hanya menggantungkan sebrapa ikan yang di dapat hari itu, jika mendapatkan banyak ikan mereka membawa hasil banyak, jika sedikit apa lagi tidak mendapatkan apa-apa sungguh memprihatinkan. Ketidak pastian sebagai seorang nelayan secara lebih luas dapat menjadi gambaran bahwa manusia berdosa itu juga berada dalam ketidak pastian sebab hidupnya tidak ada yang menjamin. Berarti mereka tidak dapat keluar dari jeratan dosa yang telah mendarah daging dalam kehidupan manusia. Itulah pentingnya mengapa YESUS datang ke dalam Dunia yaitu untuk memberikan kepastian hidup bagi setiap orang yang percaya dan mengaku bahwa YESUS adalah TUHAN dan juru selamat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar