Selasa, 04 September 2018

YESUS MENAMPAKAN DIRI DALAM INJIL YOHANES BAG, 3

"Ada tertulis demikian, MESIAS harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ke tiga dan lagi dalam nama-NYA, berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa mulai dari Yerusalem"

Ayat diatas adalah kalimat untuk menegaskan kembali kepada mereka bahwa DIA itu ALLAH dan apa yang pernah disampaikan-NYA pasti akan terjadi, dengan kata lain bahwa Firman TUHAN itu ya dan amin dan tidak akan pernah ingkar janji  serta tidak akan pernah lupa, Sebab jika DIA tidak melakukan hal yang demikian itu maka tidak akan ada lagi pengampunan dosa, kata dalam namaNYA berita tentang pertobatan itu dan pengampunan harus disampaikan kepada segala Bangsa mulai dari Yerusalem. Apa yang disampaikan oleh YESUS adalah yang berkaitan dengan tugas dan tanggung-jawab bagi seorang murid dan seorang pengikutNYA bahwa pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala Bangsa, tidak boleh tidak karena itu hukumnya adalah wajib, Sedangkan Yerusalem menjadi titik awal (setart) untuk memulai menyampaikan kabar tersebut.

Mengapa Yerusalem begitu sangat penting bagi aktifitas bagi pemberitaan ini sebab Yerusalem adalah ibu kota Israel yang adalah gambaran dari tujuan hidup di masa yang akan datang, Yerusalem adalah kota yang melegenda dan penuh dengan sejarah bagi perkembangan yang dimulai dari Abraham sampai zaman YESUS. Disamping itu penduduknya berasal dari berbagai belahan dunia yang terdiri dari berbagai suku bangsa. Apabila berhasil membuat mereka bertobat dan mengaku bahwa YESUS adalah TUHAN dan juru selamat maka untuk memberitakan kabar pertobatan dan pengampunan dosa akan lebih mudah jalanya karena mereka hanya kembali ke daerah asal dan memberitakan kabar tersebut di tempat asalnya masing-masing.

Yang terakir IA mengatakan: "Kamu adalah saksi dari semuanya ini"
Sebagai murid tentunya mereka tau berbagai hal tentang kerja-kerja YESUS sebagai pribadi yang diutus ALLAH untuk menyelamatkan dunia ini dari belenggu dosa. Oleh karena mereka adalah para murid maka harus bersaksi atau memberikan kesaksian tentang pertobatan dan pengampunan dosa kepada segala Bangsa. Untuk bisa melaksanakan amanat agung KRISTUS mereka harus diperlengkapi dengan sesuatu yang membuat mereka mampu. "Dan AKU akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan BAPAKU tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan  dari tempat tinggi." Apabila belum dikirim perlengkapan dari BAPA jangan mencoba menjalankan apa yang telah diperintahkan-NYA karena tidak akan bisa mengubah apapun kepada pekerjaan TUHAN. Oleh karena itu harus tetap tinggal di Yerusalem, jika sampai tidak taat dan meninggalkan kota tersebut sebelum waktu yang ditentukan tiba maka bisa disebut murid yang tidak taat dan semua resiko ditanggung sendiri. Ketaatan dalam kehidupan  kita kepada TUHAN YESUS bisa dilihat dan seberapa kita sebagai pengikutNYA bisa mendengar dan bisa menjadi pelaku Firman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar