Rabu, 24 Juni 2015

PAHLAWAN YANG SEJATI 5

BERDAULAT ATAS AIR

"Gidion memerintahkan  orang Israel yang berasal dari suku Nabtali, Aser  dan segenap suku Manase untuk mengejar orang Median untuk menduduki segala batang air sampai ke bet-bara dan juga Sungai Yordan"

Tuhan Allah melalui Gidion memerintahkan  menguasai batang air sampai bet bera dan sungai Yordan, Ia ingin mengajak umatNya mengerti tentang berdaulat dan kedaulatan kususnya yang berkaitan dengan air. Karena air itu menyangkut tentang hak asasi manusia, mengapa demikian? Karena air menyangkut hajat hidup orang banyak dan harus berfungsi sosial yaitu untuk memenuhi kebutuhan manusia baik dahulu, sekarang dan untuk selama-lamanya.

Apa bila fungsi air dan pengelolaanya sudah berubah maka setabilitas manusia dan alam sekitarnya pasti akan terganggu, perubahan yang dimaksud disini adalah: Air yang berfungsi sosial berubah menjadi fungsi ekonomi seperti amanat Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 3 "."Bumi, air dan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Apa bila air sudah berubah menjadi fungsi ekonomi maka pengelolaan air diserahkan kepada suasta baik pribadi maupun sekelopok orang baik legal maupun ilegal. Ketika pengelolaan air sudah diserahkan kepada suasta (suastanisasi) maka sudah bisa dipastikan bahwa air akan dieksploitasi untuk tujuan ekonomisme dan menguntungkan bagi para pengelolanya sementara itu bagi masyarakat seperti petani, perikanan dan pengguna air untuk kebutuhan rumah tangga yang adalah orang miskin pasti akan dirugikan. Ketika sumber-sumber air sudah di suastanisai dan berubah menjadi ekonomisme yang paling dirugikan adalah para petani yang akan melakukan budidaya pertanian karena mereka membutuhkan air untuk mengairi sawahnya yang jumlahnya setiap orang memang cukup banyak. Jika kebutuhan air tidak mencukupi lagi untuk para petani mengairi sawahnya pada hal itu  yang paling pokok dan fundamental sehinggan menyebabkan perikaian berujung pembunuhan antar petani sering terjadi akibat saling berebut air.

Mengapa Gidion dan bala tentaranya  menguasai batang air sampai bet bara dan sungai Yordan karena dengan menguasai batang air dan sungai Yordan mereka secara otomatis menguasai kehidupan dari saat ini sampai kepada anak cucu mereka yang akan datang. Bagi Median dan bangsa timur yang lain apa bila mereka tidak punya akses atas air bagaimana dengan kelangsungan hidup mereka dan generasi mereka yang akan datang, hal ini tentunya menjadi ancaman yang serius bagi kehidupan mereka. Sebagai pembelajaran kehidupan kita di masa kini adalah bahwa sumber-sumber air tetap dijadikan fungsi sosial maka keberlangsungan kehidupan dari generasi kegenerasi tetap akan terjaga. Dengan berdaulat atas air maka kehidupan dan penghidupan akan berlanjut sampai maranata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar