Selasa, 17 Oktober 2017

ESPEKTASI BAG XI

"Dan segeralah datang seorang dari mereka, ia mengambil bunga karang menyelupkanya ke dalam anggur asam lalu mencucukanya kepada sebatang buluh dan memberi YESUS monum"

Seharusnya Bangsa Israel mulai sadar sejak jam 12.00 sudah mulai gelap, hal ini sungguh tidak lazim karena cuaca tidak mebdung atau turun hujan, sedangkan kegelapan berlangsung sampai jam 15.00. Setelah itu DIA berseru ELOE ELOE lama sabakthani (ALLAHKU ALAHKU mengapa ENGKAU  meninggalkan AKU)?Setelah IA berseru demikian, bagaimana tanggapan dari beberapa orang yang ada di situ berkata: "IA memanggil Elia" dan segeralah datang  salah seorang dari mereka; mengambil bunga karang mencelupkanya ke dalam anggur asam lalu mencucukanya ke dalam batang buluh dan memberi YESUS minum. Tetapi orang lain berkata: "Jangan" kata itu jelas kalimat larangan untuk diberi minum anggur asam dan berkata lagi baiklah kita lihat, apakah Elia datang untuk menyelamatkan DIA.

Ada tiga reaksi dari orang-orang di bukit Golgota sebelum kematian-NYA di kayu salib:
1. IA memanggil Elia
2. Memberikan Anggur asam
3. Lihatlah apakah Elia akan menyelamatkan DIA

Ketika YESUS menyerahkan nyawaNYA apa yang menjadi reaksi mereka:
1. Kepala pasukan dan prajuridnya yang menjagaNYA menjadi sangat takut ketika mereka melihat gempa bumi dan apa yang telah terjadi lalu berkata: "Sungguh, IA adalah anak ALLAH" YESUS sebelum menyerahkan nyawaNYA dan sesudah menyerahkan nyawaNYA ada reaksi yang berbeda karena mereka sudah tau kalau DIA anak ALLAH.

"Dan segeralah seorang datang ia mengambil bunga karang, mencelupkan ke dalam anggur asam"
Tindakan salah seorang dari mereka  yang memberikan anggur asam kepada YESUS itu memang sudah dinubuatkan  oleh para Nabi dalam Perjanjian Lama

2. Pemberian anggur asam itu juga merupakan bagian dari penghinaan  kepada YESUS oleh mereka yang membenciNYA, karena ketidak tahuan mereka terhadap kebenaran yang sejati, mengapa demikian? Karena mereka telah dilingkupi oleh kuasa kegelapan dan kebencian yang mendalam kepada DIA.

Anggur asam adalah minuman yang sudah kedaluwarso(sudah melebihi batas yang sudah ditentukan dan tidak boleh diminum karena sangat membahayakan bagi keberlangun hidup orang lain. Pemberian anggur asam juga merupakan penghinaan terhadap YESUS juga ingin mempercepat kematian-NYA. Tetapi kematian-NYA bukan karena meminum anggur asam namun karena tugas DIA sudah selesai dan harus kembali ke pangkuan ALLAH BAPA di Surga.

Anggur asam itu ada dua jenis, anggur asam sejak dari pohon (jenis asam  dan anggur asam karena memang sudah melebihi batas yang sudah ditentukan (kedaluwarso) karena di dalam Alkitab tidak dijelaskan penyebab keasamanya sebab hal itu bukan yang pokok bahwa pemberian anggur asam dalam peristiwa penyalipan YESUS itu bukan rekayasa  supaya seseorang tertarik tetapi memang pristiwa itu sudah tercatat dalam Perjanjian Lama dan apa yang terjadi dengan YESUS yang diberi anggur asam adalah penggenapan yang telah dinubuatkan sebelumnya, sehingga setelah mengetahui hal ini iman kepada KRISTUS semakin teguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar