Rabu, 25 Oktober 2017

ESPEKTASI BAG. XIII

Yohanes adalah Murid YESUS yang paling dikasihiNYA dan yang setiap hari berdekatan dengan DIA sehingga sangat berbeda di dalam menulis sebuah kitab kususnya cerita menjelang kematian-NYA dikayu salib. Ia lebih menekankan tentang hubungan atau benang merah antara yang telah ditulis dalam Perjanjian Lama  terkusus Pemasmur dengan kejadian saat DIA diberi minum anggur yang sudah asam. Yang menarik yang harus dicermati yang ditulis Yohanes yang tidak ditulis di dalam Injil yang lain dalam peristiwa yang sama. Ketiga Injil yang lain menulis YESUS diberi anggur asam tetapi tidak menuliskan kata haus . Kata haus yang ditulis dalam Injil Yohanes menjelang kematianya sungguh sangat penting sehingga menyebabkan mereka memberi minum anggur asam, sebab itu menimbulkan gejala manusiawi, yaitu orang sedang haus pasti akan minum.

Sejak Yohanes menjadi salah satu Murid YESUS ia adalah murid yang sangat dikasihi, Pada saat DIA ditangkap  dan IA dibawa ke Pontius Pilatus ia senantiasa dekat dengan ibuNYA KRISTUS dan perempuan-perempuan Yerusalem, Apakah dia memang mendapatkan mandat kusus? Tetapi yang jelas hal itu bukanlah suatu kebetulan  tetapi memang sudah dikehendaki TUHAN, disamping itu merupakan bentuk tanggung-jawab sebagai murid yang sangat dekat dengan DIA. Pada saat di Golgotapun Yohanes tetap bersama-sama dengan Maria ibu YESUS dan perempuan Yerusalem sehingga wajar apabila dia sangat tau dibandingkan dengan penulis ketiga Injil yang lain. Kata "AKU haus" tidak ada dan tidak ditulis di dalam ketiga Injil yang lain pada hal  kata ini yang menjadi alasan mereka memberikan anggur asam kepadaNYA.

Mengapa Injil Yohanes sangat menonjolkan kata: "AKU haus," ia tau kejadian yang sebenarnya mulai dari DIA berdoa di bukit Getsemani, dan IA ditangkap, dibawa ke Pontius Pilatus, kebukit Golgota untuk di Salibkan sampai YESUS menyerahkan nyawanya. Karena Yohanes tau dan mendengar sendiri kata: AKU haus. Sedangkan Injil yang lain kususnya Injil Markus dan Lukas berasal dari para Murid dan orang -rang yang melihat kejadian secara langsung dari mulut ke mulut. Kemungkinan Yohanes juga menjadi salah satu nara sumber Injil Sinoptik dan itu adalah salah satu pembeda antara ke tiga Injil yang ada. Sebab Kata AKU haus itu yang membuat mereka bereaksi untuk memberikan anggur asam bagiNYA, Mengapa kata: AKU haus menjadi kata kunci dalam tulisan pra YESUS menyerahkan nyawaNYA, sebelum kata sudah selesai. Maka kata AKU haus ini menjadi reaksi  dan  tindakan jahat terakhir terhadap YESUS, kata AKU haus dari DIA menjadi respon dari puncak kekejaman mereka di kayu salib sebelum IA menghadap BAPA di Surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar